Rabu, 06 Oktober 2010

Arti Pentingnya Organisasi

Beberapa pokok pikiran penting yang mencirikan organisasi belajar adalah :
• Adaptif pada lingkungan eksternal
• Terus-menerus meningkatkan kapabilitas untuk berubah
• Mengembangkan kemampuan belajar secara individual dan kolektif
• Menggunakan hasil belajar untuk mencapai hasil yang lebih baik.

        Proses belajar tim/organisasi akan efektif jika para pekerja mampu melakukan proses belajar mandiri-yang merupakan proses yang dilalui oleh setiap pekerja untuk meningkatkan kualitas kompetensi individualnya-kemudian dilanjutkan dengan proses transformasi pengetahuan para pekerja menjadi pengetahuan organisasi.
Jadi, menurut pendapat saya organisasi belajar adalah kemampuan suatu organisasi untuk meningkatkan kualitas kinerja para anggotanya agar dapat secara terus menerus belajar dan mengembangkan potensinya di tempat dimana dia bernaung. segi berpikir sistematik (systems thinking), penguasaan pribadi (personal mastery), model mental (mental models), dan membangun visi bersama (building shared vision) sangatlah penting dalam organisasi belajar.

Bentuk Struktur Organisasi
     Struktur organisasi sebuah perusahaan merupakan manifestasi dan cerminan dari kekuatan manajemen SDM perusahaan dalam mencapai misivisi bisnis perusahaan.
Struktur organisasi perusahaan yang tepat, efektif, dan efisien akan memberikan jaminan kinerja perusahaan yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Jika desain struktur organisasi tidak optimal, akan mengakibatkan efek berantai terhadap lemahnya kinerja organisasi perusahaan, meskipun sekarang setiap organisasi sudah maju tetap saja perusahaan harus memiliki struktur organisasi.
 
      Agar semuanya dapat tetap terkontrol dan terkendali, sekaligus memperjelas harapan mengenai apa yang harus dikerjakan, membagi pekerjaan untuk menghindari kerangkapan, usaha yang sia-sia,konflik,dan penyalahgunaan sumber daya. Sebagai suatu sistem, organisasi akan berinteraksi dengan lingkungannya. Apabila ingin hidup dan bertahan, organisasi tersebut harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kegagalan menyesuaikan diri terhadap lingkungan akan berakibat fatal.
Organisasi akan mati. Jika kekuatan lingkungan tidak dapat diubah, ada baiknya organisasiperusahaan menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Proses penyesuaian dapat dilakukan secara formal dalam manajemen atau perencanaan strategi.


      Dalam perencanaan tersebut, pimpinan perusahaan menetapkan tujuan, mengevaluasi lingkungan, dan kemudian menentukan strategi yang tepat. Penyesuaian lain dapat dilakukan dengan mengubah organisasi, struktur, dan desainnya. Organisasi dengan lingkungan yang stabil akan lebih cocok menggunakan desain organisasi yang memaksimumkan efisiensi. Sebaliknya, jika organisasi berada pada lingkungan yang dinamis, diperlukan desain organisasi yang fleksibel.


      Struktur juga perlu dibentuk berdasarkan peran pemasaran di dalam organisasi.Kalau peran fungsi pemasaran di dalam organisasi perusahaan hanya ingin sebagai memasarkan, struktur disusun untuk fokus dalam memasarkan produk perusahaan yang efisien dan efektif. Memilih desain organisasi perusahaan mesti mempertimbangkan keselarasan struktur dengan lingkungan.Yang ideal adalah yang selaras dengan strategi perusahaan.


        Dengan job description inilah, desain organisasi dijalankan.Tanpa job descriptionyang jelas,desain dan struktur organisasi akan kosong dan tidak bisa jalan. Struktur organisasi yang birokratis dan hierarki yang terlalu panjang, akan menumbuhkan budaya organisasi yang kurang sehat seperti proses pengambilan putusan yang lamban dan tidak responsif. Demikian juga struktur organisasi yang terlalu kaku memisahkan antar bagian,sehingga komunikasi antarbagian menjadi macet. Hubungan,koordinasi dan kerja sama antarpegawai dan antarbidang akan macet.

http://google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar