PROPOSAL
APLIKASI
SISTEM INFORMASI PERCETAKAN BERBASIS WEBSITE PADA CV. MEGA SABLON
Evalina S : 10109122
Tanggal : 17 April 2013
Hari : Rabu
No. Revisi : 01
UNIVERSITAS GUNADARMA
Jalan Margonda Raya No. 100
Pondok Cina Depok
Website: www.gunadarma.ac.id email:gunadarma@yahoo.com
Tlp : 021-79888111. ext 101
Hal : Proposal Depok, 17
April 2013
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan CV. Mega
Sablon
Di tempat
Dengan Hormat,
Puji
dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena lindungan dan
hidayahnya kita bisa melakukan berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan
sebuah sistem. Ucapan terima kasih kepada CV. Mega Sablon yang telah memberikan
kesempatan untuk pengajuan proposal dalam proses pengembangan sebuah sistem informasi
yang ada di CV. Mega Sablon. Seperti diketahui Mega Sablon adalah sebuah
percetakan atau advertising dengan banyak customer dan berbagai macam produksi, untuk pengembangan pelayanan
customer yang lebih baik, terintegrasi, cepat dan menarik banyak customer
diperlukan sebuah sistem yang dapat memudahkan customer dalam hal informasi
produksi harga, penjualan secara online, dan promosi produksi yang dipasarkan
menjadi lebih luas, efiseien dan tepat sasaran.
Bedasarkan
perkembangan sistem yang ada saat ini di CV. Mega Sablon terutama pada bagian
promosi dan pemasaran maka, kami akan mengembangan sebuah aplikasi sistem
informasi percetakan berbasis website. Untuk membuat sebuah aplikasi sistem
informasi percetakaan tersebut kami menggunakan bahasa pemograman PHP,
dengan database MySql dan Macromedia Flash.
Demikian
proyek pengembangan sistem informasi yang kami tawarkan, jika bapak atau ibu berminat
dengan proposal penawaran kami, kami menunggu kabar dari bapak atau ibu melalui
email atau telepon yang sudah tertera, hingga 14 hari setelah diterimanya
proposal ini. Dikarenakan kami akan mengerjakan proyek yang lain. Atas perhatian
dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami
Universitas
Gunadarma
DAFTAR ISI
1 PENDAHULUAN
Di era globalisasi ini, pemanfaatan internet sangat berguna
bidang kehidupan manusia, baik dalam dunia bisnis, politik, ekonomi maupun
institusi pendidikan yang kini hampir seluruhnya telah mempunyai fasilitas
internet dan website sebagai salah satu bentuk pelayanan informasi kepada masyarakat
umum.
Website itu sendiri adalah salah satu bentuk media massa yang
publikasinya melalui jaringan internet, website ini dapat diakses 24 jam dan
dari belahan bumi manapun. Kelebihan lain dari publikasi melalui website adalah
kemampuan interaktif dan penyebarannya yang sangat cepat.
Melalui website, sebuah usaha dapat mempublikasikan profil
usahanya dan dapat memberikan kemudahan kepada customer dalam mencari informasi
dan juga sebagai ajang promosi kepada masyarakat / customer.
1.1
Latar Belakang
Perkembangan dunia informasi dari waktu ke waktu terus
mengalami peningkatan dan perkembangan. Hal tersebut didukung dengan
berkembangnya teknologi yang semakin maju dan memadai. Sehingga informasi dapat
diakses secara cepat, tepat, terkini, serta akurat. Selain berdasarkan pada hal
tersebut, penyajian suatu informasi juga perlu mendapatkan perhatian serius
untuk menarik costumer.
Pada
CV. Mega Sablon adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang percetakan atau
Advertising. Perusahaan tersebut mendapat permasalah yang sering timbul
diakibatkan promosi atau informasi yang masih menggunakan brosur, banner dan
pamplet yang diberikan kepada masyarakat disekitarnya masih dirasakan kurang.
Yang menjadi kelemahan adalah perusahaan kesulitan dalam penyampaikan informasi
tentang produk-produk yang dipasarkan. Selain itu transaksi yang dilakukan di
dalam perusahaan juga kurang optimal, dikarenakan costumer tidak bisa datang
langsung karena kurangnya waktu luang sehingga customer lebih memilih
perusahaan lain.
1.2
Tujuan
Bedasarkan
permasalahan ini dengan menganalisa gejala-gejala tersebut, kami dapat menarik
kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sistem informasi percetakan
dengan membuat website sebagai media optimalisasi promosi bagi CV. Mega Sablon.
Tujuan website ini bukan hanya mempromosikan suatu produk tetapi website ini
juga bisa memesan produk secara online(e-commerce). Dengan menggunakan,
Macromedia Dreamweaver CS5, Macromedia Flash CS5 dan MYSQL. Website tersebut
diharapkan dapat membantu dan meningkatkan penyampaian informasi, serta
memudahkan customer untuk pemesanan secara online.
Aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi tentang
pencetakan barang dan produksi apa saja yang dapat dipesan, dan disertai dengan
harga sub total dari masing-masing barang serta total dari keseluruhan barang
yang dipesan dan customer bisa memesan produk secara online di website
tersebut.
1.4
Ruang Lingkup Proyek Sistem
Proyek sistem informasi percetakan pada CV. Mega Sablon
yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan
yaitu sebagai berikut:
- Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan
dengan contoh-contoh produk, pemesanan, pembayaran, dan pelaporan
costumer.
- Mendesain sebuah sistem yang mendukung dari sebuah
sistem serta menunjang kemampuan dari sistem ini.
- Membuat sebuah program yang mengimplementasikan sistem
informasi percetakan
- Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi
ini sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara memuaskan.
1.5
Keuntungan Pengembangan Sistem
Manfaat dari pengembangan
sistem ini adalah sebagai berikut :
1.
Meningkatkan pelayanan kepada
costumer CV. Mega Sablon
2.
Memudahkan pelanggan dalam memesan
produk atau order
3.
Memudahkan dalam promosi produks CV.
Mega Sablon
4.
Memperluas wilayah usaha/pasar
5.
Meningkatkan laba keuangan pada CV. Mega
Sablon
1.6
Waktu Pelaksanaan Proyek
Kegiatan
dan waktu pelaksanaan
|
Mei
1 2
3 4
|
Juni
1 2 3 4
|
Juli
1
2 3 4
|
|||||||||
Analisis
Kebutuhan
|
||||||||||||
Design
fungsi
|
||||||||||||
Pemograman
|
||||||||||||
Pengujian
|
||||||||||||
Instalasi
|
||||||||||||
Pelatihan
|
||||||||||||
Pemeliharaan
|
||||||||||||
Dokumentasi
|
2 PROSES PENGERJAAN
Proses
ini menjelaskan bagaimana tim kami berkerja dalam membangun website ini. Akan
dijelaskan dalam sub bab yang tertera dibawah ini.
2.1
Rancangan Biaya
Proses pembayaran dilakukan pertama kali dengan DP
sebesar 50% dari harga yang sudah dirincikan. Selanjutnya setelah pembayaran DP
selesai maka, tim pengembang akan memulai mengerjakan aplikasi ini. Setelah
aplikasi selesai dibuat sisa pembayaran harus segera dilunasi kemudian tim
pengembang bisa langsung mengimplimentasikan sistem berbasis website ini.
Adapun rincian biayanya
sebagai berikut :
1) Biaya
Pengerjaan :
No.
|
Perincian
|
Biaya ( Rupiah )
|
1
|
Analisis
kebutuhan
|
1.300.000
|
2
|
Design
Fungsi
|
1.000.000
|
3
|
Pemograman
|
3.000. 000
|
4
|
Pengujian
|
100.000
|
5
|
Instalasi
|
100.000
|
6
|
Pelatihan
|
350.000
|
7
|
Pemeliharaan
|
400.000
|
8
|
Dokumentasi
|
300.000
|
9
|
Transportasi
|
150.000
|
10
|
Biaya
tak terduga
|
200.000
|
Jumlah
|
6.900.000
|
*Biaya yang tertera dapat dinegosiasi dan kami mempermudah
cara pembayaran dengan angsuran.
2.2
Tenaga Pelaksana
Untuk mengembangkan sistem Informati Percetakan berbasis
website, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya
masing-masing, sebagai berikut:
- Project Manager dan System Analisis : Richie
Marciano
- Programmer and Database Administrator (Software
Engineering) : Bagus Sedayu and M.Ihsan
- Graphic Design: Evalina S
2.3
Metodologi
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari
suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan
proyek Aplikasi Sistem Informasi Percetakan Berbasis Web, akan ditempuh dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
- Analisis Kebutuhan
Mempelajari proses-proses dan indentifikasi
data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi informasi
percetakaan berbasis web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam
hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
- Desain Fungsi
Melakukan
desain sistem secara detail, mulai dari Context Diagram, Data
Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi
tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan
fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
- Pemograman
Melakukan coding untuk
merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama pengerjaan dan jumlah
baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga
Aplikasi yang dibuat.
- Pengujian
Melakukan
beberapa testing dengan uji prilaku
(behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap
fungsionalitas sistem.
- Instalasi
Mengganti
dan menempatkan sistem atau menempatkan sistem yang baru terhadap aplikasi yang
dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
- Pelatihan
Sebelum
aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek
perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau eksekutif dari CV Mega
Sablon yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak
pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka
sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
- Pemeliharaan
Proyek
perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserah terimakan,
tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa
produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan
baik dan tidak ada kendala yang berarti.
- Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri
dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang
dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi
kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.
Aplikasi akan kami antarkan kepada CV. Mega Sablon secara
langsung setelah terjadinya pelunasan pembayaran dan waktu penginstalan
dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara user dengan tim pengembang.
2.4
Jaminan Purna Jual
Jika terjadi kerusakan terhadap aplikasi yang kami buat
setelah melakukan proses pembayaran, seperti sistem error atau aplikasi hilang,
maka kami akan memberikan garansi perbaikan software selama batas waktu 1
tahun. Apabila dalam 1 tahun tidak ada laporan kerusakan dengan begitu garansi
sudah tidak berlaku lagi.
3 PENUTUP
Demikian proposal penawaran ini kami sampaikan untuk
menjadi bahan pertimbangan dalam upaya untuk mengembakan aplikasi sistem informasi
percetakan pada CV. Mega Sablon secara efektif dan efisien. Kami sangat
mengharapkan paket layanan yang kami tawarkan ini bisa bermanfaat secara
optimal sesuai dengan harapan bersama.
3.1
Istilah atau Terminologi
- Aplikasi
adalah
suatu subkelas perangkat lunak komputer yang
memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang
diinginkan pengguna.
- Browser
adalah program
aplikasi yang menterjemahkan kode HTML dan
merepresentasikan halaman web site.
- Coding
(Penanda)
merupakan
unsur yang penting dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Coding yang
akan dikupas dalam sajian artikel saat yang menyangkut tentang penelitian
kuantiataif.
- Content
diagram
menjelaskan proses
pembangunan dan memberikan contoh bagaimana model memungkinkan
untukmembuat
representasi diakses beberapa grafis khas akan Anda
temukan dalam buku teks ilmu pengetahuan.
- Domain
adalah nama
unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web
server atau email server di internet.
- Data
flow diagram
adalah alat
pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem
sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan
alur data,baik secara manual maupun komputerisasi.
- Graphic
& software enginner
Grafik ilmu yang mempelajari tehnik pembuatan software yang
baik dengan pendekatan tehnik (Engineering approach)
- Hardware
hardware
atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras”
adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa
dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi
untuk mendukung proses komputerisasi.
- Hosting
adalah
tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat
menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.
- Macromedia
flash
adalah
program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik
dan animasi.
- Macromedia
Dreamwaver
sebuah software
web design yang menawarkan cara mendesain website dengan
dua langkah sekaligus dalam satu waktu, yaitu mendesain dan memprogram.
- My
SQL
MySQL adalah
singkatan "My Structured Query Language". Program ini berjalan
sebagai servermenyediakan multi-user mengakses ke sejumlah database.
- Online
Sambung
jaring adalah keadaan saat sesuatu terhubung ke dalam suatu jaringan atau
sistem (umumyainternet atau ethernet).
- PHP
Adalah bahasa skrip yang
dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai
untuk memrogram situs web dinamis.
- Project
manager
Adalah
seorang profesional di bidang manajemen proyek. Manajer
proyek dapat memiliki tanggungjawab pelaksanaan, perencanaan dan
penutupan proyek, biasanya berkaitan dengan industri konstruksi, arsitektur, Aerospace
dan Pertahanan, jaringan komputer, telekomunikasi atau pengembangan
perangkat lunak.
- Sistem
analisis
Adalah
seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan,
pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat
lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi
bisnis atau perusahaan.
- Sistem
Sistem berasal
dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma)
adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materiatau energi.
- Software
Adalah
sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data
elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi
yang akan menjalankan suatu perintah.
- Website
Suatu
kumpulan dokumen Hyper Text Markup Language (HTML) pribadi
atau sebuah perusahaan dalam web server.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar