Selasa, 23 April 2013

contoh proposal


PROPOSAL


APLIKASI SISTEM INFORMASI PERCETAKAN BERBASIS WEBSITE PADA CV. MEGA SABLON



Tanggal : 17 April 2013
Hari : Rabu
No. Revisi : 01







https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEglTGTAqXMGU17ztevcyYd2DHXUlf44AxdqRZqnkMdCm0z1qThvWWU6YAP8p8vKd8IsmqTc5rQdNIa3oPegvIMLQazJmM7MlVFM63k69cAdoD3mwpnfbb00OyBDr44jFKa3LZqLVVgs75c/s200/logo_gunadarma2.jpg

UNIVERSITAS GUNADARMA
Jalan Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok
Website: www.gunadarma.ac.id email:gunadarma@yahoo.com
Tlp : 021-79888111. ext 101



Hal : Proposal Depok, 17 April 2013
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan CV. Mega Sablon
Di tempat

Dengan Hormat,

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena lindungan dan hidayahnya kita bisa melakukan berbagai inovasi teknologi dalam pengembangan sebuah sistem. Ucapan terima kasih kepada CV. Mega Sablon yang telah memberikan kesempatan untuk pengajuan proposal dalam proses pengembangan sebuah sistem informasi yang ada di CV. Mega Sablon. Seperti diketahui Mega Sablon adalah sebuah percetakan atau advertising dengan banyak customer dan berbagai macam  produksi, untuk pengembangan pelayanan customer yang lebih baik, terintegrasi, cepat dan menarik banyak customer diperlukan sebuah sistem yang dapat memudahkan customer dalam hal informasi produksi harga, penjualan secara online, dan promosi produksi yang dipasarkan menjadi lebih luas, efiseien dan tepat sasaran.
Bedasarkan perkembangan sistem yang ada saat ini di CV. Mega Sablon terutama pada bagian promosi dan pemasaran maka, kami akan mengembangan sebuah aplikasi sistem informasi percetakan berbasis website. Untuk membuat sebuah aplikasi sistem informasi percetakaan tersebut kami menggunakan bahasa pemograman PHP, dengan database MySql dan Macromedia Flash.
Demikian proyek pengembangan sistem informasi yang kami tawarkan, jika bapak atau ibu berminat dengan proposal penawaran kami, kami menunggu kabar dari bapak atau ibu melalui email atau telepon yang sudah tertera, hingga 14 hari setelah diterimanya proposal ini. Dikarenakan kami akan mengerjakan proyek yang lain. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami


Universitas Gunadarma




DAFTAR ISI


1       PENDAHULUAN

Di era globalisasi ini, pemanfaatan internet sangat berguna bidang kehidupan manusia, baik dalam dunia bisnis, politik, ekonomi maupun institusi pendidikan yang kini hampir seluruhnya telah mempunyai fasilitas internet dan website sebagai salah satu bentuk pelayanan informasi kepada masyarakat umum.
Website itu sendiri adalah salah satu bentuk media massa yang publikasinya melalui jaringan internet, website ini dapat diakses 24 jam dan dari belahan bumi manapun. Kelebihan lain dari publikasi melalui website adalah kemampuan interaktif dan penyebarannya yang sangat cepat.
Melalui website, sebuah usaha dapat mempublikasikan profil usahanya dan dapat memberikan kemudahan kepada customer dalam mencari informasi dan juga sebagai ajang promosi kepada masyarakat / customer.

1.1           Latar Belakang

            Perkembangan dunia informasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan dan perkembangan. Hal tersebut didukung dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju dan memadai. Sehingga informasi dapat diakses secara cepat, tepat, terkini, serta akurat. Selain berdasarkan pada hal tersebut, penyajian suatu informasi juga perlu mendapatkan perhatian serius untuk menarik costumer.
Pada CV. Mega Sablon adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang percetakan atau Advertising. Perusahaan tersebut mendapat permasalah yang sering timbul diakibatkan promosi atau informasi yang masih menggunakan brosur, banner dan pamplet yang diberikan kepada masyarakat disekitarnya masih dirasakan kurang. Yang menjadi kelemahan adalah perusahaan kesulitan dalam penyampaikan informasi tentang produk-produk yang dipasarkan. Selain itu transaksi yang dilakukan di dalam perusahaan juga kurang optimal, dikarenakan costumer tidak bisa datang langsung karena kurangnya waktu luang sehingga customer lebih memilih perusahaan lain.

1.2           Tujuan

Bedasarkan permasalahan ini dengan menganalisa gejala-gejala tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sistem informasi percetakan dengan membuat website sebagai media optimalisasi promosi bagi CV. Mega Sablon. Tujuan website ini bukan hanya mempromosikan suatu produk tetapi website ini juga bisa memesan produk secara online(e-commerce). Dengan menggunakan, Macromedia Dreamweaver CS5, Macromedia Flash CS5 dan MYSQL. Website tersebut diharapkan dapat membantu dan meningkatkan penyampaian informasi, serta memudahkan customer untuk pemesanan secara online.
            Aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi tentang pencetakan barang dan produksi apa saja yang dapat dipesan, dan disertai dengan harga sub total dari masing-masing barang serta total dari keseluruhan barang yang dipesan dan customer bisa memesan produk secara online di website tersebut.
1.4           Ruang Lingkup Proyek Sistem
            Proyek sistem informasi percetakan pada CV. Mega Sablon yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:
  • Menganalisis setiap prosedur-prosedur yang berhubungan dengan contoh-contoh produk, pemesanan, pembayaran, dan pelaporan costumer.
  • Mendesain sebuah sistem yang mendukung dari sebuah sistem serta menunjang kemampuan dari sistem ini.
  • Membuat sebuah program yang mengimplementasikan sistem informasi percetakan
  • Menerapkan serta melakukan percobaan sistem informasi ini sampai dengan penerapan sistem informasi ini secara memuaskan.

1.5           Keuntungan Pengembangan Sistem

Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :
1.    Meningkatkan pelayanan kepada costumer CV. Mega Sablon
2.    Memudahkan pelanggan dalam memesan produk atau order
3.    Memudahkan dalam promosi produks CV. Mega Sablon
4.    Memperluas wilayah usaha/pasar
5.    Meningkatkan laba keuangan pada CV. Mega Sablon

1.6           Waktu Pelaksanaan Proyek

Kegiatan dan waktu pelaksanaan
Mei
1       2       3       4
Juni
 1         2        3        4
Juli
  1        2        3        4
Analisis Kebutuhan
Design fungsi
Pemograman
Pengujian
Instalasi
Pelatihan
Pemeliharaan
Dokumentasi


2       PROSES PENGERJAAN

            Proses ini menjelaskan bagaimana tim kami berkerja dalam membangun website ini. Akan dijelaskan dalam sub bab yang tertera dibawah ini.

2.1           Rancangan Biaya

            Proses pembayaran dilakukan pertama kali dengan DP sebesar 50% dari harga yang sudah dirincikan. Selanjutnya setelah pembayaran DP selesai maka, tim pengembang akan memulai mengerjakan aplikasi ini. Setelah aplikasi selesai dibuat sisa pembayaran harus segera dilunasi kemudian tim pengembang bisa langsung mengimplimentasikan sistem berbasis website ini.
Adapun rincian biayanya sebagai berikut :
1)      Biaya Pengerjaan :
No.
Perincian
Biaya ( Rupiah )
1
Analisis kebutuhan
1.300.000
2
Design Fungsi
1.000.000
3
Pemograman
3.000. 000
4
Pengujian
100.000
5
Instalasi
100.000
6
Pelatihan
350.000
7
Pemeliharaan
400.000
8
Dokumentasi
300.000
9
Transportasi
150.000
10
Biaya tak terduga
200.000
Jumlah
6.900.000
*Biaya yang tertera dapat dinegosiasi dan kami mempermudah cara pembayaran dengan angsuran.

2.2           Tenaga Pelaksana

            Untuk mengembangkan sistem Informati Percetakan berbasis website, maka dibutuhkan tim pengembang yang kompeten di bidangnya masing-masing, sebagai berikut:
  • Project Manager dan System Analisis : Richie Marciano
  • Programmer and Database Administrator (Software Engineering) : Bagus Sedayu and M.Ihsan
  • Graphic Design:  Evalina S

2.3           Metodologi

            Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Sistem Informasi Percetakan Berbasis Web, akan ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Analisis Kebutuhan
            Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.
  • Desain Fungsi
            Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context DiagramData Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
  • Pemograman
            Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama pengerjaan dan jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
  • Pengujian
            Melakukan beberapa testing dengan  uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.
  • Instalasi
            Mengganti dan menempatkan sistem atau menempatkan sistem yang baru terhadap aplikasi yang dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.
  • Pelatihan
            Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau eksekutif dari CV Mega Sablon yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.
  • Pemeliharaan
            Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserah terimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
  • Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.
            Aplikasi akan kami antarkan kepada CV. Mega Sablon secara langsung setelah terjadinya pelunasan pembayaran dan waktu penginstalan dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara user dengan tim pengembang.

2.4           Jaminan Purna Jual

            Jika terjadi kerusakan terhadap aplikasi yang kami buat setelah melakukan proses pembayaran, seperti sistem error atau aplikasi hilang, maka kami akan memberikan garansi perbaikan software selama batas waktu 1 tahun. Apabila dalam 1 tahun tidak ada laporan kerusakan dengan begitu garansi sudah tidak berlaku lagi.






3       PENUTUP

            Demikian proposal penawaran ini kami sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya untuk mengembakan aplikasi sistem informasi percetakan pada CV. Mega Sablon secara efektif dan efisien. Kami sangat mengharapkan paket layanan yang kami tawarkan ini bisa bermanfaat secara optimal sesuai dengan harapan bersama.

3.1           Istilah atau Terminologi

  1. Aplikasi
            adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.
  1. Browser
            adalah program aplikasi yang menterjemahkan kode HTML dan merepresentasikan halaman web site.
  1. Coding (Penanda)
            merupakan unsur yang penting dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Coding yang akan dikupas dalam sajian artikel saat yang menyangkut tentang penelitian kuantiataif.
  1. Content diagram
            menjelaskan proses pembangunan dan memberikan contoh bagaimana model memungkinkan untukmembuat representasi diakses beberapa grafis khas akan Anda temukan dalam buku teks ilmu pengetahuan.
  1. Domain
            adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet.
  1. Data flow diagram
            adalah alat pembuatan model yang memungkinkan profesional sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data,baik secara manual maupun komputerisasi.
  1. Graphic & software enginner
Grafik ilmu yang mempelajari tehnik pembuatan software yang baik dengan pendekatan tehnik (Engineering ap­proach)
  1. Hardware
            hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
  1. Hosting
            adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.
  1. Macromedia flash
            adalah program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat dan memanipulasi grafik dan animasi.
  1. Macromedia Dreamwaver
            sebuah software web design yang menawarkan cara mendesain website dengan dua langkah sekaligus dalam satu waktu, yaitu mendesain dan memprogram.
  1. My SQL
            MySQL adalah singkatan "My Structured Query Language". Program ini berjalan sebagai servermenyediakan multi-user mengakses ke sejumlah database.
  1. Online
            Sambung jaring adalah keadaan saat sesuatu terhubung ke dalam suatu jaringan atau sistem (umumyainternet atau ethernet).
  1. PHP
            Adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis.
  1. Project manager
            Adalah seorang profesional di bidang manajemen proyek. Manajer proyek dapat memiliki tanggungjawab pelaksanaan, perencanaan dan  penutupan  proyek, biasanya  berkaitan  dengan industri konstruksi, arsitektur, Aerospace dan Pertahanan, jaringan komputer, telekomunikasi atau pengembangan perangkat lunak.
  1. Sistem analisis
            Adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
  1. Sistem
            Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasimateriatau energi.
  1. Software
            Adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
  1. Website
            Suatu kumpulan dokumen Hyper Text Markup Language (HTML) pribadi atau sebuah perusahaan dalam web server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar