Latar Belakang
Kasus yang terjadi pada bank
century tepatnya pada akhir november 2008 merupakan masalah gagal kliring
yang disebabkan oleh faktor teknis berupa keterlambatan penyetoran prefund,
penyebab lain ambruknya Bank Century adalah penipuan oleh pemilik dan manajemen
dengan menggelapkan uang nasabah. Mereka adalah Robert Tantular, Anggota Dewan
Direksi Dewi Tantular, Hermanus hasan Muslim dan Laurance Kusuma serta pemegang
Saham yaitu Hesham Al Warraq Thalat dan Rafat Ali Rijvi. Pengelapannya
dilakukan dengan beberapa cara :
1) Memanfaatkan produk reksa dana
fiktif yang diterbitkan PT. Antaboga Delta Sekuritas Indonesia yang dijual
terselubung di Bank Century.
2) Menyalurkan sejumlah kredit
fiktif.
3) Menerbitkan letter of Credit ( L/C
) Fiktif.
Modusnya, yaitu pemilik Bank Century membuat perusahaan atas
nama orang lain untuk kelompok mereka. Lantas mereka mengajukan permohonan
kredit, tanpa prosedur semestinya serta jaminan yang memadai mereka dengan
mudah mendapatkan kredit. Bahkan ada kredit Rp. 98 Milyar yang cair hanya dalam
2 jam. Jaminan mereka tambahnya hanya surat berharga yang ternyata bodong.
Selain itu, Robert Tantular juga menyalahgunakan kewenangan
memindah bukukan dan mencairkan dana deposito valas sebesar Rp. 18 Juta Dollar
AS tanpa izin sang pemilik dana, Budi Sampoerna. Robert juga mengucurkan kredit
kepada PT Wibowo wadah Rezeki Rp. 121 Milyar dan PT Accent Investindo Rp. 60
Milyar. Pengucuran dana ini diduga tidak sesuai prosedur. Robert Tantular juga
melanggar Letter Of Commitmen dengan tidak mengembalikan surat – surat berharga
Bank Century di luar negri dan menambah modal Bank.
Permasalahan Yang Ditimbulkan Oleh Bank Century
1. Bahwa masalah di Bank Century disebabkan lemahnya Bank
Indonesia mengawasi pengoperasian perbankan nasional, sehingga merugikan
keuangan Negara. BI dinilai lalai dalam pengawasan, sehingga direksi dan
pemilik Bank Century sejak 2005 leluasa melarikan dana milik nasabah ke luar
negri melalui penerbitan Obligasi bodong.
2. DPR merasa dilangkahi pemerintah, karena pemerintah dan
DPR hanya bersepakat mengeluarkan dana rekap sebesar 1,3 Trilyun, nyatanya 6,7
trilyun.
3. Pengambilalihan Bank Century oleh pemerintah melalui LPS
tidak memiliki konsep yang jelas dan akan menimbulkan kerugianyang cukup
besar.Dana yang dikeluarkan LPS dalam upaya penyehatan Century yang mencapai
Rp. 6,77 Trilyun dapat dipastikan tidak akan bisa kembali. Dan akan menimbulkan
kerugian yang besar, artinya upaya LPS memperetahankan deposan – deposannya
tidak lari gagal.
4. Saat ini muncul dugaan dana rekap Bank Century bukan
hanya 6,7 trilyun tetapi mencapai hingga 9 Trilyun.
Penyelesaian Kasus Bank Century
1. Masih
banyak misteri yang melingkupi kasus penyelamatan Bank Century. Karena itu
audit investigasi BPK harus dilakukan dengan tuntas. Jangan sampai ada
penumpang gelap yang bermain dengan mengatasnamakan penyelamatan ekonomi
nasional. Misteri itulah yang ditindaklanjuti komisi pemberantasan Korupsi
(KPK) dengan meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit
investigasi terhadap bank. Tidak hanya KPK, DPR pun minta KPK mengaudit proses
bailout tersebut. Itu karena sebelumnya DPR pada tanggal 18 Desember 2008 telah
menolak peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 4 Tahun
2008 tentang jaringan pengaman sector keuangan ( JPSK ) sebagai payung hukum
dari penyelamatan bank milik pengusaha Robert Tantular itu.
2. Pemerintah
terus memburu asset Robert Tantular dan pemegang saham lainnya di luar negeri
dengan membentuk tim pemburu asset. Tim ini beranggotakan staf Departemen
Keuangan, Markas Besar Polri, Bank Indonesia, Lembaga Penjamin simpanan, Pusat
Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan, Departemen Luar Negeri, Kejaksaan
Agung, serta Departemen Hukum dan Hak Azasi manusia. Untuk di dalam negeri
jumlah asset yang disita polisis terkaitb kasus tindak pidana perbankan di Bank
Century sebesar Rp 1,191 miliar. Sementara di luar negeri, polisis berhasiul
menemukan dan memblokir asset milik Robert Tantular senilai 19,25 Juta dolar AS
atau setara Rp 192,5 Miliar. Uang sebesar itu antara lain terdapat di USB AG
Bank Hongkong senilai 1,8 juta dolar AS, PJK Jersey sejumlah 16,5 juta dolar
AS, dan British Virgin Island (Inggris) sebesar 927 ribu dolar AS. Selain itu
polisi juga menemukan dan memblokir aset Hesham Al Warraq serta Rafat Ali Rizvi
senilai Rp 11,64 triliun. Aset itu tersebar di UBS AG Bank sejumlah 3,5 juta
dolar AS, Standard Chartered Bank senilai 650 ribu dolar AS dan sejumlah SGD
4.006, di ING Bank sebesar 388 ribu dolar AS.
3. Dalam
proses hukum bank Century, pemilik bank century Robert tantular beserta pejabat
bank century telah ditetapkan sebagai terdakwa kasus penggelapan dana nasabah.
Bahkan manajemen Bank Century telah terlibat dalam memasarkan produk reksadana
PT Antaboga Sekuritas yang jelas-jelas dalam pasal 10 UU Perbankan telah
dilarang. Prinsip the five C’s of credit analysis yang menjadi dasar pemberian
dana talangan rupanya tidak diterapkan oleh LPS. LPS harusnya meneliti
Character (kejujuran pemilik bank), collateral (jaminan utang bank), capital
(modal), capacity (kemampuan mengelola bank) dan condition of economy sebelum
bailout diberikan. Artinya dari segi the five C’s of credit analysis Bank
Century sebenarnya tidak layak sama sekali mendapatkan dana talangan dari LPS.
Ironisnya LPS justru mengucurkan dana sampai 6,7 triliun ke bank itu.
4. Solusi
untuk mengatasi bank-bank bermasalah bukan dengan memberikan penjaminan penuh
(blanket guarantee atau bailout) seperti yang diberikan ke Bank Century. Hal
itu berdasar pengalaman krisis keuangan 1998 yang akhirnya mengakibatkan
munculnya bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI) hingga Rp 600 triliun.
A. Bank Indonesia Beberkan Alasan
1. Bank
Indonesia (BI) membeberkan alas an terkait keputusan BI saat memberikan
predikat bank gagal dan berpotensi sistemik, sehingga harus diserahkan kepada
LPS. Akibatnya LPS harus meraguh kocek hingga Rp 6,7 triliun untuk
menyelamatkan nbank tersebut.
Ada 5 (lima) kriteria bank century masuk kategori sistemik antara lain :
Ada 5 (lima) kriteria bank century masuk kategori sistemik antara lain :
·
Bagaimana dampak terhadap sector riil jika bank
century ditutup. Dalam parameter pertama itu Bank century yang memiliki 65 ribu
nasabah tersebut memang tidak berdampak luas. Istilahnya low impact. Tapi ini
hanya salah satu parameter.
·
Bagaimana dampak terhadap bank-bank lain jika
Bank Century ditutup. Dalam parameter tersebut BI menilai imbasnya bias sangat
besar. Sebab data BI menunjukkan saat Bank Century sekarat (November 2008), ada
beberapa bank kecil yang memiliki exposure besar di Bank Century. Artinya, dana
bank-bank tersebut kecantol di Bank Century melalui fasilitas Pasar Uang Antar
Bank (PUAB). Berdasarkan kalkulasi BI jika dana bank-bank tersebut tidak bias
kembali, bank-bank itu bakal mengalami kesulitan likuiditas, rasio kecukupan
modal (CAR)-nya turun, dan akhirnya harus masuk dalam pengawasan khusus. Jika
bank-bank tersebut masuk pengawasan khusus, bank-bank lain yang memiliki
exposure juga akan demikian. Karena itu, bisa menimbulkan efek berantai ke
seluruh perbankan.
·
Dampak pada pasar keuangan yakni pasar obligasi
pemerintah dan bursa saham. Kalau century ditutup, ada bank lain bermasalah.
Karena bank lain itu mempunyai exposure SUN cukup besar, sehingga SUN harus
dijual. Itu akan menggoyangkan pasar SUN karena terjadi penjualan
besar-besaran. Kalau bank-bank tadi adalah listed company ( perusahaan tercatat
dibursa saham ) itu akan menggoyang pasar saham.
·
Dampak kepada system pembayaran antar bank.
Kalau ditutup, bank-bank lain yang memiliki tagihan ke Bank Century sulit
menagih dan ini tidak dijamin. Ini bisa mengakibatkan system pembayaran chaos.
Dalam artian adanya imbas psikologis masyarakat jika Bank Century ditutup.
Semua menunjukkan imbasnya mulai medium to high impact hingga high impact.
·
Sejak pertengahan 2008, saat krisis ekonomi
global mulai menghebat system keuangan di Indonesia mengalami tekanan hebat.
Dana perbankan di Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang biasanya mencapai Rp 200
triliun tiba-tiba menyusust tinggal Rp 89 triliun. Artinya ada indikasi
penarikan dana masyarakat dari bank dalam jumlah besar. Untuk membayar itu,
bank harus mencairkan dana mereka yang disimpan di SBI. Indikator lain anjloknya
dana deposito masyarakat. Akibatnya untuk menarik dana masyarakat bank mulai
menaikkan suku bunga simpanan hingga terjadi perang suku bunga. Bahkan
bank-bank besar yang sebelumnya menjadi supplier dalam fasilitas Pasar Uang
Antar Bank (PUAb) mulai menahan dana. Hal itu mengakibatkan bank-bank kecil dan
menengah mengalami kesulitan likuiditas. Saat itu PUAB sangat tegang. Selain
itu resiko gagal kredit ( credit default swap) Indonesia melonjak dari angka
normal 200 basis poin (bps) menjadi 1.400 bps. Ditambah pencairan dana investor
asing sekitar USD 6 miliar. Intinya ada tekanan besar di pasar uang.
Kesimpulan
Pemberian bailout atau dana talangan oleh pemerintah kepada bank century yang membengkak hingga Rp 6,7 triliun dari semula 1,3 triliun harus menjadi bahkan pembicaraan dan perdebatan seru. Bukan hanyua dimedia massa dikalangan para ahli dan birokrasi pemerintah, tapi juga departemen karena hal ini menyangkut dua aspek yaitu politik dan hukum.
Pemberian dana bailout century yang sekarang terus diperjualkan bisa berakibat buruk terhadap bank tersebut. Dimana akan mengurangirasa percaya nasabah pada dunia perbankan.
Kasus Bank Century mencerminkan lemahnya pengawasan Bank Indonesia ( BI ) sebagai bank sentral terhadap bank umum. Bank-bank umumnya hendaknya mendapat pengawasan ketat dari bank Central.
Kesimpulan
Pemberian bailout atau dana talangan oleh pemerintah kepada bank century yang membengkak hingga Rp 6,7 triliun dari semula 1,3 triliun harus menjadi bahkan pembicaraan dan perdebatan seru. Bukan hanyua dimedia massa dikalangan para ahli dan birokrasi pemerintah, tapi juga departemen karena hal ini menyangkut dua aspek yaitu politik dan hukum.
Pemberian dana bailout century yang sekarang terus diperjualkan bisa berakibat buruk terhadap bank tersebut. Dimana akan mengurangirasa percaya nasabah pada dunia perbankan.
Kasus Bank Century mencerminkan lemahnya pengawasan Bank Indonesia ( BI ) sebagai bank sentral terhadap bank umum. Bank-bank umumnya hendaknya mendapat pengawasan ketat dari bank Central.
Sumber
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/tugas-2-contoh-kasus-letter-of-credit-lc/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar