Kamis, 17 Januari 2013

SKRIPSI SIAPA TAKUT ?

SKS sudah hampir penuh dijalanin, tapi kok berat banget yah memulai skripsi ? Wah jangan kisah mahasiswa abadi jadi jalan cerita akademis dalam hidup kita . 

A.      WARMING UP

1.       PILIH TOPIK LEBIH AWAL
Buka mata, buka telinga . Jangan mentang – mentang masih semester pertengahan kamu jadi cuek . Mulailah memilah – milah topik skripsi satu – dua semester sebelumnya . Kalau udah nemuin judul yang seru , pasti kamu lebih semangaat bikin skripsinya . Nggak ada salahnya mulai diskusi sama senior atau dosen .
2.        BUAT TIME TABLE
Rencanakan dengan jelas kapan mau ke perpustkaan nyari referensi , kapan judul sudah harus fix , kapan jadwal bimbingan , juga target kapan skripsi harus selesai .
3.       DO YOUR RESEARCH
Pilih jurnal up to date dan terakreditasi sebagai bahan referensi . Unsur kekinian juga penting .
4.       MATANGKAN PROPOSAL
Biasanya proposal belum begitu baku karena nantinya pasti akan direvisi . Tapi yang jelas, proposal ini akan menjadi guidance selama penulisan skripsi biar ngga keluar jalur . Proposal juga bis menjdi alat bantu yang akan digunakan ketika kamu mengajukan topik atau judul kepada dosen pembimbing .
5.       AVOID SIDE JOBS
Kalau ada tawaran project atau side job, jangan diambil dulu . Ingat , ijazah terakhirmu baru SMA ! Harus ada yang dikorbankan .

B.      STARTING UP

1.       BAB 1 = PERMULAAN PALING PENTING
Banyak yang ngira kalau bagian terpenting skripsi adalah bab 3 (isi/pengujian hipotesis), padahal kalau latar belakang di bab 1 sudah dijelaskan secara runtut, bab-bab berikutnya akan mengikuti dengan sendirinya .
2.       AKTIF
Tugas dosen pembimbing memang membimbing , tapi kita ngga bisa tergantung terus padanya . Be proactive! Jangan berkutat di bab yang sama . Mau coba ngerjain bab4 duluan? Its OK! Banyak yang mencoba dan berhasil katanya .
3.       CATATAN
Kelalaian nggak lengkap dalam menuliskan referensi sering dilakukan oleh beberapa mahasiswa skripsi . Biar nggak lupa catat setiap detail acuan , kutipan teori atau pendapat para ahli yang dijadikan referensi .
4.       BACA DAN REVIEW ULANG
Berguna untuk memastikan nggak ada kesalahan tulisan maupun ketidaksesuaian  tata letak penulisan skrispsi  dan dilakukan untuk mendapatkan second pinion dari pihk lain bisa senior , teman , keluarga .
5.       NGUMPUL DENGAN ORANG YANG BENAR
Kumpul dengan kawan – kawan seperjuangan yang semangat ngerjain skripsi . Kalau kumpul dengan yang kerjaannya main game , nongkrong , atau ngecengin senior cakep . Kapan lulusnya????????????
6.       TUNJUKAN SIKAP BAIK
Kalau disuruh datang jam 7 , datang tepat waktu . Kalau disruh tunggu, tunggulah . Lakukan apapun yang disarankan dosen pembimbing . Berikan kesan bahwa kamu memang niat mengerjakan skripsi . Selesai bimbingan , jangan lupa mengucapkan terima kasih dan tanya kapan beliau ada waktu lagi .

C.      FIXING UP
Ujian atau sidang skripsi adalah saat yang ditunggu – tunggu . Biasanya dewan penguji terdiri dari satu ketua penguji dan beberapa anggota . Tiap penguji secara bergantian ( kadang uga keroyokan) akan memberikan pertanyaan . Grogi, cemas, kuatir , atau tibe- tiba kebelet pipis itu wajar . Cara terbaik menghadapi ujian ini adalah kamu harus well prepared dan tenang .

1.       Siapkan presentasi
Buatlang ‘lubang jebakan’. Tentunya kamu harus sudah menyiapkan jawabannya kalau ditanya dengan begitu kamu tampil outstanding dihadapan para penguji . Jangan lupa juga berdoa ya
2.       Pasca Ujian
Kalau sudah sampai ditahap ini , biasanya sih kamu tinggak merivisi, bawa ke tukang jilid/fotokopi, urus administrasi, daftar wisuda, terus traktir temen- temen hehheee...

D.      TIPS AND TRIK

1.       SIAPKAN DANA  
Mulai dari akses internet , biaya print, ongkos kirim kuesioner, ongkos membeli suvenir buat responden, biaya transportasi dll . Jangan sampai skripsi macet hanya karena kehabisan dana .
2.       JAGA KESEHATAN
Ngerjain skripsi butuh tenaga ekstra, jangan lupa makan, konsumsi vitamin, sering- sering olahraga dan minum airputih .
3.       KEEP YOUR SPIRIT UP!
Jaga semangat disaat tekanan memuncak memang susah. Apapun alasannya , entah itu calon mertua ingin menantu yang sarjana , jalan-jalan keluar negeri dll .. jadikan itu motivasi ampuh untuk fokus! Mau yang lebih ekstrim? Bikin perjanjian ke papa mama kalau dalam sebulan skripsimu belum selesai, kamu bakal berhenti minta uang bulanan seumur hidup . hhee Semalas apapun, usahakan duduk di depan komputer bawa kopi/teh atau apapun yang  bisa dijadikan penyemangat .
4.       REFRESH YOUR BRAIN
Ngerjain skripsi butuh pemikiran ekstra . Pikiran harus fresh biar tetap enjoy . Cobalah untuk relaks dan temukan best spot yang bisa menenagkan pikiran . Cari suasana yang berbeda biar pikiran nggak buntu .

PS: Sumber dari orang yang sudah lulus kuliah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar